Rabu, 29 Oktober 2008

Kundalini Yoga



Ups...... hei..... tentang Yoga nie. Semua tau pastinya tentang gerakan akrobat dengan hembusan nafas bernada dan teratur. Emang bener hanya sekedar gerakan-gerakan yang difokuskan dalm YOGA?

Ternyata ngak sodara-sodara......

Ok.... coba kita bahas dari awal.....

Yoga (Sansekerta योग) dari Bahasa Sanskerta (योग) berarti "penyatuan", yang bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta". Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam Filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas Meditasi atau Tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol Panca Indranya dan tubuhnya secara keseluruhan. Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktifitas latihan utamanya asana(postur) bagian dariHatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, oleh tubuh dan Meditasi, yang telah dikenal dan dipraktekkan selama lebih dari 5000 tahun.


Nah Orang yang melakukan tapa yoga disebut Yogi, kalo Yogin bagi praktisi pria dan Yogini bagi praktisi wanita. Begituu.....


Yuup..... Sesuai buku yang saya baca dan merasa cocok dengannya (pengarangnya Anand Ashram, Kundalini Yoga), bahwasannya YOGA harus dimulai dengan penyadaran mental dahulu dan gerakan jasmani sebagai penguatnya atau dengan kata lain sebagai penunjang dari meditasi YOGA.

Proses terjadinya peningkatan kesadaran ato penyadaran mental inilah yang disebut "Pembangkitan Kundalini" menurut pak Asnand, yang dengan sendirinya akan memberikan kebugaran bagi tubuh, ketenangan pada pikiran dan ketentraman pada jiwa. dalam proses itu, potensi manusiawi Kita-kita akan berlipat ganda dan kita akan menjadi semakin kreatif.


Kata pak Asnand lagi, Latihan-latihan alias gerak tubuh yoga merupakan pelumas, untuk mencairkan karat emosi terpendam dan pikiran "LIAR" yang merintangi kita untuk mencapai kesadaran setinggi-tingginya.


Yoga tu..punya 7 etape pengembangan chakra dengan ilustrasi Vyayam, Pranamaya, dan Asana.

Dah nyoba sih.... gimanaya.... hummm..... OK juga lah. Saya sih ngikuti saran si penulis, habis menarik. setelah dicoba ternyata banyak efek positifnya. Perasaan makin tenang dan tubuh jadi bugar.. ( lengkap pakkk......:D)


So..... Meditasi YOGA ngak hanya dipandang hanya sebatas gerakan-gerakan tertentu semata melainkan penyadaran mental juga.

Bukan berarti ngak percaya kalo aktifitas ibadah G ngaruh ya.... Saya rasa kalo di joinin OK juga....


Udah nyoba nie.... Bagus.....


Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Yoga

Krisna, Asnand.2000.Kundalini Yoga Dalam Kehidupan Sehari-hari.PT Gramedia Pustaka Utama


Tidak ada komentar: